Friday, December 3, 2010

Merapi kini


Jumat (3/12) Status awas yang disandang merapi lebih dari satu bulan, kini mulai melunak. Penurunan aktivitas kegempaan sejak beberapa hari lalu di ikuti dengan penurunan status merapi menjadi siaga.Yang artinya... (?)


Status siaga atau level 3 gunung merapi diputuskan mulai 3 Desember 2010, menandakan gunung merapi sedang bergerak ke arah letusan, artinya tidak tejadi letusan. Meskipun status merapi turun level namun bahaya lain yang diakibatkan oleh erupsi merapi masih mengintai. Jutaan meter kubik material vulkanik yang dimuntahkan merapi telah meluluh lantahan 23 dusun di 4 desa, lebih dari 2000 KK kehilangan tempat tinggalnya. Dam yang dibangun untuk menampung muntahan material telah rata dengan pemukiman penduduk. Curah hujan yang tinggi masih mengguyur lerang merapi dan daerah sekitarnya , keadaan ini memicu luapan air bercampur pasir dan batu batuan ke pemukiman warga dan kali aliran dari dam.

Banjir lahar dingin terjadi lagi hari ini, meskipun tidak sebesar 29 November lalu, banjir yang disertai material pasir dan bebatuan membuat tanggul kantong pasir yang dibuat warga jebol. Banjir masih melintasi jalur yang sama yakni kali code yang membentang di tengah kota Yogyakarta. Beberapa pemukiman dibantaran kali code terendam air berpasir setinggi 20cm hingga 40cm.

Penurunan aktivitas merapi masih meninggalkan pekerjaan rumah bagi kita semua, ribuan orang masih tinggal di pengungsian, ratusan anak sekolah kehilangan kesempatan belajar, ketakutan dan kekhatirwan warga masih terus menggelayuti. Tidak mudah menjadikan semuanya kembali normal, langkah solutif harus segera diambil. Kami tidak ingin berpangku tangan, kami akan terus bekerjasama untuk menyelesaikan PR besar ini. (*erz)

No comments:

Post a Comment